LOADING

Type to search

Mengenal Arti Dan Fungsi VPS

Share

Dibandingkan shared hosting, rasanya VPS kurang begitu populer di kalangan masyarakat awam. Kebanyakan orang memang terlebih dahulu menggunakan shared hosting karena dinilai lebih terjangkau dari segi biayaserta pengoperasian yang jauh lebih mudah. Meskipun begitu, tidak masalah jika saat ini anda mulai menambah infomrasi speutar VPS. Meskipun terkesan rumit dan berbiaya mahal, ada banyak manfaat yang diberikan VPS. Apalagi jika anda merasa perlu meningkatkan kebutuhan hosting, maka tak ada salahnya untuk mencoba beralih ke VPS. Ada banyak fungsi VPS yang dapat dimanfaatkan agar bisa meningkatkan kinerja website maupun bisnis yang sedang dikelola. Dan pada artikel kali ini akan dibahas lebih lanjut.

Pengertian VPS

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai fungsi VPS, tentunya hal yang harus anda pahami adalah mengenai pengertian VPS (Virtual Private Server). VPS merupakan teknologi server side sistem operasi serta perangkat lunak, yang memungkinkan mesin berkapasitas besar terbagi ke beberapa virtual mesin. Setiap virtual mesin melayani sistem operasi serta perangkat lunak secara mandiri menggunakan konfigurasi yang cepat. Secara global, VPS seringkali digunakan dalam Softwarre Bot, Cloud Computing, menjalankan trading, dan lainnya.

VPS juga bisa diartkan sebagai metode yang digunakan mempartisi ataupun membagi sumber daya (resource) server untuk menjadi beberapa server virtual. Server virtual ini mempunyai kemampuan dalam menjalankan sistem operasi sendiri seperti sebuah server. Bahkan pengguna bisa me-reboot server virtual secara terpisah, tak harus me-reboot server utama. anda dapat mengendalikan VPS mengguankan Remote Access Dekstropa atau yang dikenal sebagai pengendali jarak jauh. Hal ini bisa dicoba dengan menggunakan aplikasi seperti Terminal (Linux) dan Putty (OS Windows)

Cara Kerja VPS

Server merupakan komputer, yang menjadi tempat web hosting menyimpan berbagai file dan database website. Kapanpun visitor mengakses atau mengunjungi website anda, maka nantinya browser mengirimkan request kepada server. Nantinya server dapat mentransfer file yang dibutuhkan melalui internet. Kegunaan VPS hosting sendiri adalah menyediakan server virtual yang mirip seperti server fisik. Meskipun dalam kenyataannya, server terbagi atas beberapa user.

Dengan menerapkan teknologi virtualisasi, hosting provider dapat menginstall layer virtual yang berada diatas OS dari server. Later ini yang kemudian membagi server ke partisi. Dan memungkinkan masing-masing user dapat menginstal OS serta software yang dimiliki.

fungsi vps

Hal ini yang membuat VPS bersifat virtual namun juga private, sebab pengguna bisa memiliki kendali penuh. Server terpisah dengan server user lainnya pada level OS. Bahkan teknologi VPS mirip seperti proses pembuatan partisi dalam komputer saat ingin menjalankan lebih dari satu OS tanpa harus reboot. Dengan menggunakan VPS hosting, maka anda dapat mempunyai ases root-level. Seperti halnya ketika anda menyewa dedicated server, namun jelas dengan harga yang lebih murah.

Fungsi dari VPS

Lalu apa saja fungsi-fungsi yang dimiliki oleh VPS? Berikut ini penjelasannya.

Website Trafik Super Tinggi

Jika anda mengelola website yang memiliki trafik cukup tinggi, maka VPS menjadi layanan yang cukup tepat untuk website anda. Jika anda saat ini menggunakan shared hosting, maka tak ada salahnya untuk berpindah menggunakan layanan VPS. Traffik yang cukup tinggi pada website yang menggunakan shared hosting bisa menyebabkan suspense domain. Hal ini dikarenakan dapat berpotensi mengganggu resource bersama dalam satu shared hosting bersama. Biasanya perusahaan layanan hosting akan memberitahukan jika traffic website seudah terlalu tinggi dan mungkin perlu pindah menggunakan layanan VPS. Selain itu anda juga perlu untuk mengecek traffic web secara rutin untuk bisa menentukan kapan waktu terbaik memindahkan layanan ke VPS.

Web Hosting Skala Kecil

Bagi Anda yang memiliki usaha jasa pembuatan website atau developer, Anda bisa menggunakan layanan VPS untuk web hosting klien-klien Anda. Dengan menggunakan VPS, Anda memiliki kontrol penuh terhadap website-website yang menggunakan layanan VPS Anda.

Fungsi VPS Sebagai File Hosting

Bagi anda yang sudah merasa familiar dengan situs, seperti Zippy Share, MediaFire, Dropbox, Google Drive maupun situs-situs penyimpanan lainnya. Situs penyimpanan file ini tentunya memudahkan untuk menyimpan ataupun mengakses file-file secara online. Layanan VPS ini juga memudahkan anda menyimpan file yang berukuran besar, entah ingin diakses secara pribadi maupun pengunjung website lainnya. anda tak dapat menemukan jenis fitur ini pada layanan shared hosting. Dikarenakan disk space shared hosting yang boleh untuk kebutuhan pembuatan website saja. Jika membutuhkan fitur penyimpanan file online, semisal layanan file sharing, penyimpanan backup, penyimpanan film, dan lainnya. Maka VPS adalah layanan yang sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan anda.

Remote Desktop

fungsi vps

VPS sangat memungkinkan bagi pengguna yang ingin menggunakan atau mengakses komputer (server) dari jarak jauh atau menggunakan remote. Pengguna mempunyai kontrol penuh terhadap server, tanpa harus terbatas dengan lokasi. Jadi anda dapat mengontrol server, dimanapun dan kapanpun anda berada.

Fungsi VPS sebagai VPN

Kegunaan VPS juga bisa sebagai VPN atau Virtual Private Network. Secara singkat, VPN merupakan jaringan-jaringan yang terhubungkan melalui internet. Hanya saja orang-orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya. Fungsi VPS yang juga berperan sebagai VPN ini pun dimanfaatkan banyak perusahaan dan organisasi yang butuh jaringan private bagi karyawan-karyawannya. Perusahaan ataupun organisasai dapat menjadikan VPS menjadi VPN untuk menyimpan berbagai data-data penting. Namun juga tetap dapat bertukar data di dalam jaringan VPN tersebut dengan aman.

Server Percobaan

fungsi VPS

Bagi anda yang sedang mengembangkan sebuah software, sistem operasi, aplikasi, tentunya membutuhkan server yang harganya terjangkau. Namun meskipun begitu tetap saja fasilitas-fasilitas yang diberikan cukup agar bisa melakukan percobaan aplikasi atau software. Anda mungkin saja bisa memanfaatkan dedicated server, namun harga sewanya tentu sangatlah mahal. Untuk itulah alternative lainnya yang bisa digunakan adalah menggunakan layanan VPS untuk percobaan. Layanan VPS terbilang lebih murah dibandingkan layanan dedicated server. Tetapi fitur-fitur yang ditawarkannya pun sudah cukup baik bagi server tahap percobaan.

Fungsi VPS Sebagai Private Backup

Biasanya paket layanan yang ditawarkan VPS sudah sangat spesifik tertera dalam menyediakan beberapa gigabyte pada disk space. Misalnya saja ada yang menawarkan mulai dari 20Gb bahkan hingga 160GB. selain dapat digunakan untuk menyimpan berbagai file penting secara online. anda bisa memanfaatkannya untuk menyimpan data backup.

Melihat dari fungsi-fungsi diatas, tentu saja menggunakan VPS akan jadi pilihan yang tepat. Apalagi bagi anda yang menginginkan layanan yang lebih stabil dan aman, maka layanan VPS adalah yang paling terbaik. Meskipun harganya pun terbilang lebih mahal dibandingkan shared hosting. Selain itu pun cara menggunakan VPS sebenarnya juga tidak terlalu rumit, apalagi bagi anda yang sudah terbiasa.

Lalu kebutuhan website seperti apa yang cocok menggunakan layanan VPS? Rasanya untuk sewa VPS seperti ini akan sangat cocok bagi pemilik situs dengan website yang memiliki jumlah traffic tinggi bahkan melebihi batas penggunaan yang telah disarankan shared hosting.

Tags: