LOADING

Type to search

Keunggulan Dan Kekurangan Layanan Hosting Gratis

Share

Siapa yang tidak menyukai hal gratis? Rasanya tidak ada orang di dunia ini yang tidak menyukainya. Termasuk pula dalam layanan hosting gratis yang bisa digunakan untuk kebutuhan website anda. Meskipun ada pula jenis layanan hosting yang berbayar, tentu saja kebanyakan orang akan lebih memilih hal-hal yang free seperti ini. Namun meskipun begitu, jangan langsung buru-buru menggunakannya. Pelajari terlebih dahulu bagaimana kelebihan dan kekurangan layanan free hosting sehingga nantinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Kelebihan Layanan Hosting Gratis

Sudah Pasti Gratis

Mungkin ini yang jadi keuntungan utama saat anda menggunakan layanan hosting gratis unlimited. Yang namanya gratis, tentu saja anda akan bebas biaya. Anda bisa menggunakan sepuasnya tanpa perlu dipusingkan mengenai biaya yang harus ditanggung. Tentunya ini berbeda dengan layanan berbayar, dimana setiap bulannya ada biaya yang harus anda bayarkan terhadap layanan yang digunakan.

Bebas Biaya Perawatan

hosting gratis

Bebas biaya juga akan anda dapatkan dari perawatan rutin website anda. Hosting yang gratis, semisal wordpress atau blogger jarang sekali terkena serangan masalah seperti spamming perusah website/blog. Lain halnya dengan layanan berbayar, dimana anda membutuhkan perawatan rutin jasa blog/web. dikarenakan akan seringkali ada serangan dan pastinya ini akan mengeluarkan biaya tambahan.

Aman Dan Bebas Gangguan

Sangat jarang untuk layanan hosting gratis selamanya menjadi sasaran bagi para hacker di dunia maya. Karena itulah ketika anda memilih layanan gratis, ana bisa tenang dan aman menggunakannya karena terbebas dari beragam gangguan. Selain itu, dikarenakan cukup aman tentu saja anda tak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan. Dimana seringkali layanan berbayar membutuhkan biaya tambahan untuk menyewa tenaga ahli yang dapat memperbaiki saat terjadi permasalahan akibat gangguan tersebut. Dengan menggunakan layanan gratis ini, anda hanya perlu merawat hosting tersebut sendiri tanpa membutuhkan bantuan orang lain.

Tidak Lambat

Entah banyak atau sedikitnya jumlah pengunjung yang mengunjungi hosting anda setiap harinya. Tidak akan terjadi masalah, dikarenakan hosting tetap dapat dibuka lancar oleh siapapun. Berbea halnya dengan layanan hosting berbayar. Dimana semakin banyak pengunjung yang datang tentu semakin berat ketika sedang membukanya.

Performanya Lebih Bagus

Meskipun gratis, siapa sangka jika peforma yang diberikan lebih bagus dibandingkan dengan layanan berbayar. Masih berkaitan dengan penjelasan sebelumnya, layanan hosting gratis ini jarang sekali mengalami kelambatan. Sehingga dapat dikatakan jika peforma yang dimiliki cukup baik dikarenakan server mengalami down dalam kondisi apapun.

Kekurangan Layanan Free Hosting

Dibalik kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, siapa sangka jika layanan free hosting memiliki kekurangan yang wajib dipahami seperti penjelasan di bawah ini.

Kapasitas Hosting Gratis Terbatas

Berbicara mengenai kekurangan, maka yang paling utama yang dibahas tentunya mengenai kapasitas yang diberika. Space hosting yang cukup terbatas, mau tak mau membuat anda tak dapat membuat banyak konten. Misalnya saja anda mendapatkan kapasitas disk 500MB. Jika diskspace penuh anda tidak bisa lagi menginputkan data-data website seperti halnya gambar, vide, serta lainnya. Sehingga anda akan terbatas dalam mengupdate konten-konten yang ditayangkan di website anda.

Keamanan Data Tidak Terjamin

Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh vps hosting gratis adalah keamanan datanya yang kurang terjamin. Saat anda sudah membangun sebuah website sedemikian rupa. Bahkan file-file yang tersimpan di dalamnya juga banyak dengan jumlah visitor yang juga banyak. Hal tersebut tiba-tiba dapat menghilang begitu saja. Dan hal inilah yang seringkali dirasakan banyak orang saat menggunakan hosting gratis.

Support/Bantuan Yang Minim

Kehadiran customer service di dalam layanan penyedia hosting sangatlah penting. Sehingga saat anda mengalami permasalahan, hal tersebut bisa langsung diatasi dengan menghubungi customer service. Namun berbeda halnya jika ana menggunakan layanna gratis. Dimana bantuan seperti itu akan sulit, an jikapun ada membutuhkan waktu yang cukup lama. Tentu saja ini akan merugikan website yang anda miliki karena tidak segera diperbaiki.

Terlihat Kurang Profesional

Alamat subdomain yang diperoleh dari layanan hosting gratis, tentunya akan memberikan kesan yang tidak professional pada website anda. apalagi jika anda membuat website tersebut untuk bisnis, tentu saja akan lebih baik jika menggunakan fasilitas berbayar. Namun jika anda hanya menggunakannya untuk kebutuhan pribadi, tidak aa salahnya menggunakan hosting yang gratis. Karena itulah anda bisa menyesuaikannya sendiri dengan kebutuhan yang anda inginkan.

Fasilitas Yang terbatas

Saat menggunakan layanan gratis, tentu saja fasilitas yang diberikan juga terbatas. Anda tiak dapat menggunakan tools pendukung yang didapatkan dari pihak ketiga. Terutama yang dipergunakan untuk memperbaiki peringkat menggunakan teknik SEO. Berbeda halnya dengan layanan berbayar, dimana saat akan banyak dukungan tools yang bisa dipergunakan untuk situs semisal plugin-plugin SEO.

Harus Mentaati Ketentuan

Pada hosting yang gratis, ada beberapa ketentuan yang tidak bisa anda langgar. Seperti menggunakan script yang bersifat melanggar privacy. Jika sampai anda melanggarnya, maka bersiaplah menerima teguran bahkan hingga resiko penghapusan situs. Untuk mengataisnya, anda dapat membuat halaman untuk privacy an Disclaimer. Selain itu hindari hal-hal yang bertentangan dengan ketentuan pemilik hosting.

Berbeda halnya saat menggunakan layanan berbayar, dimana anda bisa berbuat apapun yang anda inginkan. Anda bisa menganggap seperti rumah anda sendiri. Namun jangan salah, saat pengunjung meningkat drastis dan membuat anda menggunakan kuota yang ada. Maka bisa saja nantinya anda terkena suspended.

Daftar Web Hosting Yang Gratis Di Indonesia

Bukanlah hal yang sulit untuk menemukan web hosting yang gratis di Indonesia. ada banyak pilihan yang bisa direkomendasikan seprerti daftar di bawah ini:

IndoWebsite

Rasanya Indowebsite bisa dikatakan sebagai web hosting yang gratis namun dikelola lebih professional. Tak hanya tampilan situsnya yang baik, namun layanan yang ditawarkan juga sangat terperinci. Sudah terdapat syarat dan ketentuan yang cukup jelas bagi setiap pengguna. Layanan premium yang diberikannya pun juga memiliki testimony yang bagus ari para konsumennya.

HostStres

Selain menawarkan layanan premium dan nama domain, HostStres juga menawarkan 3 pilihan paket free hosting yang bisa anda coba. Melihat spesifikasi yang didapatkan dan fitur-fiturnya, akan sangat sayang untuk melewatkan layanan yang diberikan. Hanya saja layanan gratis ini tidak berlaku selamanya. Kurang lebih selama masa trial selama 2 bulan, namun meskipun begitu sudah cukup lama jika dibandingkan dengan penyedia jasa lainnya.

DobelHost

hosting gratis

Meskipun tak menawarkan sepenuhnya gratis, namun anda hanya akan dikenakan biaya Rp 10.000 di awal regristrasi. Dan ini hanya dibayarkan untuk satu kali saja. Untuk bisa menggunakan layanan gratis yang ditawarkan DobelHost ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Pertama mencantumkan nama yang sesuai KTP maupun identitas lainnya. jangan lupa cantumkan email, alamat asli, dan nomor telepon aktif. Barulah anda akan dilanjutkan ke proses verifikasi yang selanjutnya bisa menggunakan layanna gratisan ini.

Setelah mengenal kelebihan dan kekurangan yang dimiliki layanan hosting yang gratis ini. Nantinya anda bisa memutuskan untuk memilih layanan mana yang sesuai dengan kebutuhan hosting anda.

Tags: