LOADING

Type to search

Share

Ada banyak penyedia jasa hosting di Dunia. Mereka berlomba-lomba menawarkan layanan hosting terbaik kepada pelanggannya. Lalu, bagaimana menentukan hosting yang handal untuk kebutuhan website yang profesional.

Web hosting adalah pusat penyimpan data dan file website di server online. Data yang berformat teks, gambar, video dan lain-lain. Sederhananya, jika diibaratkan sebuah bangunan rumah, hosting itu seperti bidang tanah tempat berdirinya bangunan rumah. Semakin luas bidang tanahnya, maka semakin leluasa untuk menata isi dan bentuk bangunan.

Kemudian ada provider hosting. Apa itu? Provider hosting adalah sebuah perusahaan yang menawarkan jasa penyewaan server atau komputer mereka untuk menyimpan data dan file website. Perusahaan hosting ini juga mengakomodasi konektivitas internet sehingga para pengguna dapat mengakses semua file yang ada dalam website tanpa kendala.

Pilihan Jenis Web Hosting

hosting terbaik

Ada lima jenis web hosting server yang disediakan oleh perusahaan untuk publik. Hal ini dijelaskan untuk mengenali berbagai jenis web hosting terbaik untuk website profesional.

Shared Hosting

Jenis shared hosting ialah satu server digunakan bersama-sama. Artinya, banyak website ditempatkan pada server yang sama. Situsnya bisa berjumlah puluhan, ratusan atau ribuan.

Walaupun demikian, shared hosting dinilai lebih ideal untuk website usaha kecil, blog, dan situs portofolio. Yang sudah dapat menampung visitor sebanyak ribuan sampai puluhan ribu per harinya.

VPS Hosting

Jenis (virtual private hosting) VPS hosting ialah memungkinkan satu pengguna mengisi beberapa website melalui server virtual. Lingkungan VPS hosting dinilai lebih nyaman karena penggunanya dimungkinkan untuk memiliki akses root ke ruang virtual mereka sendiri.

Sebetulnya, ada kemiripan skema shared hosting dengan konsep virtualisasi dari VPS, Namun kebanyakan penyedia layanan hosting mendedikasikan VPS untuk digunakan oleh satu pengguna saja.

Dedicated Server Hosting

hosting terbaik

Jenis dedicated server hosting merupakan server web eksklusif menawarkan kontrol yang maksimal pada pengguna untuk menyimpan sebuah website. Dengan demikian Anda dapat lebih leluasa dalam mengelola sumber daya, mengelola bandwith, hingga melakukan penyimpanan file.

Dedicated server hosting sangat efektif untuk melayani website dengan jumlah pengunjung yang besar. Khususnya limpahan pengunjung tersebut sudah tidak dapat ditampung lagi pada shared hosting.

Cloud Hosting

Tidak semua penyedia hosting menyediakan clould hosting. Jenis ini diperuntukkan website dengan potensi traffik yang sangat besar. Dengan konsep komputasi awan, cloud hosting menggunakan teknologi yang memiliki kecepatan yang lebih baik dan lebih aman dibandingkan dengan jenis web hosting lainnya.

Selain itu, Cloud hosting menggandalkan banyak server yang tersebar luas di berbagai penjuru negara, tidak mengandalkan hanya satu server saja di satu lokasi. Sehingga memungkinkan untuk menangani tingkat lalu lintas yang tinggi pada website yang di-host-kan.

Managed WordPress Hosting

Bagi pengguna WordPress, jenis layanan managed wordpress hosting ini menyenangkan. Karena hosting ini dirancang khusus untuk mengistimewakan website berbasis platform WordPress. Sebagai platform web terpopuler yang paling banyak digunakan pengguna. Tidak hanya situs kecil saja, situs website yang terbilang besar juga banyak menggunakan platform yang satu ini.

Pada sisi server sudah dioptimalkan dengan sangat baik agar WordPress pengguna dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, pengguna mendapatkan fitur tambahan seperti Update situs otomatis, backup harian/mingguan otomatis, pengotimalan kecepatan, keamanan terintegrasi, dan banyak hal lainnya.

Kriteria Jasa Hosting Terbaik

Ada empat hal dalam kriteria jasa hosting terbaik. Yaitu kriteria realibitas server, pilihan upgrade server, jumlah website yang bisa ditaruh dalam satu akun hosting dan fitur fitur hosting. Pada kriteria ini dijelaskan sebagai berikut:

Realibitas Server

Pertama yang harus diperhatikan adalah daya operasi yang 24/7. Lalu jumlah skor uptime dari web hosting adalah 100 persen uptime SLA. Kemudian lacak web hosting dengan alat monitor server.

Bagaimana cara mengetahui uptime dari web hosting? Salah satu cara untuk mengetahuinya yaitu dengan membaca deskripsi layanan hosting yang dirilis pihak hosting itu sendiri atau pihak ketiga yang independent. Seyogyanya penyedia jasa menerbitkan catatan waktu berdasarkan situs pengujian dari waktu ke waktu.

Kedua, Anda juga bisa melacak web hosting dengan alat monitor server di mesin telusur. Kini, telah banyak online tool yang bisa diakses secara gratis.

Pilihan Upgrade Server

Akhir-ahkhir ini, pasaran jenis shared web hosting dilihat cukup pesat. Terkait soal kunjungan yang besar, akun shared hosting harusnya cukup untuk menampung 30 ribu sampai dengan 40 ribu pengunjung setiap bulannya. Namun, Jika Anda berharap website Anda berkembang pesat dalam tiga tahun ke depan, maka disarankan untuk mengambil layanan web hosting dengan ruangan lebih untuk berkembang.

Pilihan upgrade server dari shared hosting ke virtual private atau dedicated server- yang punya lebih banyak kekuatan pemrosesan, kapasitas memori, penyimpanan disk, dan adanya fitur keamanan yang lebih baik.

Jumlah Website yang Bisa Ditaruh dalam Satu Akun Hosting

Biasanya, orang-orang memiliki lebih dari satu domain website. Pastikan Anda telah memeriksa kapasitas domain sebelum melakukan transaksi hosting. Bilamana Anda ingin memisahkan blog dari website utama bisnis Anda dan orang kebanyakan melakukannya.

Pertimbangkan provider hosting yang memungkinkan Anda dapat mengatur banyak domain sekaligus. Karena untuk mengakomodasi domain tambahan ini, Anda membutuhkan ruang hosting ekstra.

Fitur-fitur Hosting

hosting terbaik

Salah satu kriteria memilih hosting adalah fitur fitur hosting yang tersedia. Anda mungkin tidak mengira tetapi masih ada beberapa provider hosting yang tidak menawarkan fitur-fitur basic.

Untuk diketahui, fitur fitur basic hosting seperti Cron diperlukan untuk operasi sehari-hari, Auto Script Installer (seperti Fantastico, Simple Scripts, Quick Installer, Softaculous, Installatron, dan sebagainya) untuk instalasi dan pembaruan aplikasi web yang mudah, akses htaccess untuk keamanan / redirect halaman / etc tujuan, Server Side Include (SSI) untuk memudahkan pemeliharaan situs (terutama saat Anda membangun situs statis), dan akses FTP untuk memudahkan transfer file.

Web Hosting Gratis

Jenis layanan hosting gratis merupakan pilihan tepat bagi para pemula yang ingin membuat website tapi masih minim pengetahuan teknis. Meskipun hosting gratis, semua tool yang Anda butuhkan bisa digunakan untuk membuat dan mengelola website agar sepenuhnya responsif.

Adanya tool FTP dan file manager, Anda bisa mengupload, mengedit, dan menghapus file. Anda juga dapat membuat database MySQL, mengubah versi PHP, dan park domain. Contoh layanan jasa hosting gratis terbaik seperti 000webhost.

Adapun demikian, ada kekurangan dari web hosting gratis. Yaitu server cendrung ‘labil’, sering down atau website sering tidak dapat diakses. Hal ini menjadi masalah utama server tidak stabil. Jadi, layanan web hosting gratis tidak direkomendasikan jika website sudah mulai ramai pengunjung. Apabila blog bisnis tentu saja akan sangat merugikan karena halaman web sulit diakses.

Tags:
Previous Article