LOADING

Type to search

Share

Bagaimana cara membeli layanan hosting dan domain? Alasannya mungkin kamu mau mengembangkan usaha yang dapat melayani semua pelangganmu selama 24 jam, dari masa saja dan kapan saja. Atau mungkin adalah motif lainnya. Nah artikel kali ini mengenai hosting dan domain. Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika mau beli hosting dan domain. Simak ulasannya di bawah ini.

HOSTING

beli hosting

Hosting adalah penyedia jasa layanan internet yang menyewakan berbagai sumber daya perangkat komputer server, sehingga memungkinkan para pengguna (individu atau organisasi) menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS. Server hosting terdiri dari gabungan perangkat server-server atau seperangkat server yang terkoneksi jaringan internet berkecepatan tinggi.

Jadi, Hosting merupakan tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah kamu buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain.

Ada 3 jenis layanan hosting yaitu Shared Hosting, VPS atau Virtual Private Server dan yang terakhir Dedicated Server. Dengan ketiga jenis layanan hosting tersebut, kamu dapat memilih dan menyewa layanan yang sesuai dengan kebutuhan web yang kamu miliki.

A. Shared Hosting

beli hosting

Shared hosting adalah layanan hosting dalam satu server dan services yang dipakai bersama-sama untuk banyak account hosting atau pengguna.

B.VPS

VPS adalah seperangkat physical server yang dibagi menjadi beberapa account virtual private server. Setiap VPS terlihat dan bekerja layaknya sebuah jaringan server sistem yang sebenarnya, komplit vps dengan semua pengaturan sendiri untuk init script, users, pemrosesan, file system, dan sebagainya.

C. Dedicated Server

Sementara itu, Dedicated Hosting merupakan layanan web hosting di mana seperangkat server yang digunakan oleh 1 account (atau 1 website, 1 klien) saja.

Pada dasarnya, hosting adalah sebuah tempat penyimpanan file website untuk bisa menjalankan website di internet. Karena hosting itu penting, maka memilih dan membeli hosting tidak bisa asal asalan. Untuk itu, bagaimana memilih dan cara beli hosting yang baik untuk situs web;

1. Reliabilitas server. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah daya operasi yang 24/7. Kamu memerlukan web hosting yang beroperasi pada server yang kuat dan koneksi jaringan yang stabil.

2. Memahami jenis layanan hosting. Teliti dan simak fitur-fitur paket layanan yang diberikan penyedia jasa hosting.

3. Metode pembayaran layanan hosting. Penyedia hosting biasanya menawarkan layanan pembayaran tiap bulan, tiga bulanan, enam bulanan, dan tahunan.

4. Beli hosting sesuai kebutuhan. Diawal biasanya kebutuhan hosting standar. Namun jika sudah berkembang maka siap berintegrasi ke pilihan hosting besar.

5. Beli hosting di layanan yang menyediakan support live chat system. Hal ini yang akan membantu kamu ketika ada masalah pada hostingan.

6. Manfaatkan hosting dengan baik. Kelola website kamu sebaik mungkin sesuai dengan tujuan membuat website. Hal itu berarti Kamu sudah memanfaatkan hosting dengan baik.

7. Batas suspensi akun hosting-nya. Sebelum kamu mendaftar di web hosting, penting bagi kamu untuk membaca peraturannya.

8. Kemudahan penggunaan Cpanel. Panel kontrol hosting yang user-friendly dan fungsional adalah satu kriteria yang penting dalam memilih provider hosting kamu.

9. Backup situs. Ada kalanya sebuah situs tiba-tiba crash. Mungkin seorang hacker masuk ke website kamu atau server mengalami kegagalan hard disk yang parah.

DOMAIN

Nama domain atau (Inggris: domain name) adalah penamaan yang unik untuk mengidentifikasi sebuah nama server komputer seperti web server atau email server di perangkat jaringan komputer ataupun internet.

Nama domain berfungsi untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP, selain juga dipakai untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server.

Secara garis besar, domain memiliki dua tingkatan yang disebut top level domain (TLD) dan Second Level Domain (SLD). Dari kedua level ini domain terbagi lagi menjadi beberapa macam jenis. TLD dibagi menjadi dua yaitu Country Code Top Level Domain (ccTLD) dan Generic Top Level Domain (gTLD). Sedangkan Second Level Domain macamnya hanya satu yaitu sub-SLD atau lebih dikenal Third Level Domain.

Perbedaan Domain TDL dan ccTLD

beli hosting

TLD adalah suatu akhiran yang ada pada domain seperti .com, .net, dan lain sebagainya. TLD ini bersifat umum dan bisa digunakan oleh siapa saja tanpa adanya persyaratan rumit yang menyangkut kewarganegaraan atau semacamnya.

Tidak jauh berbeda dengan TLD, hanya saja perbedaanya terletak pada akhiran domain yang didasarkan pada kode negara masing-masing.

Seperti Indonesia yang mempunyai kode Negara dengan akhiran domain .id, atau Amerika Serikat yang mempunyai akhiran domain .us dan lain sebagainya. Sehingga, semisal jika kita mempunyai web sekolah di Indonesia jadi akhiran domain yang harus dimiliki yaitu *.sch.id

Lalu bagaimana cara memilih nama domain yang unik dan menarik untuk blog. Mengingat penentuan nama domain yang benar adalah hal penting untuk dilakukan sebelum membesarkan sebuah blog. Jangan sampai ketika blog yang dibangun sudah mulai terkenal, barulah kamu merasa bahwa domain yang dipakai terlihat kurang bagus.

hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih nama domain:

1. Buat nama domain yang unik, simple, keren, mudah diucap, mudah dihafal dan menarik.

2. Domain mudah diketik dan diingat. Selain itu, domain harus mudah dihafal dan diucapkan hal ini penting jika kamu melakukan promosi online.

3. Tidak menggunakan simbol. Karena kecenderungan orang ketika akan mengetik nama domain suatu website pada web browser, biasanya gandeng semua tanpa tanda hubung.

4. Hindari pemilihan domain berdasarkan trend. Tergantung kepada topik blog yang dibahas. Jika memang blog kamu identik pada hal-hal yang sedang trend tidak masalah menyisipkan kata yang sedang trend ke dalam domain.

5. Gabungkan nama merek atau nama perusahaan dengan jenis usaha yang dijalani. Rumusnya: brand + jenis usaha, atau dibalik.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpul bahwa pengertian hosting merupakan tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah kamu buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain. Ada beberapa paket layanan hosting, kamu dapat memilih layanan sesuai dengan kebutuhan web yang kamu miliki. Adakah penyedia jasa yang menawarkan beli hosting gratris domain ?

Kemudian, pengertian nama domain merupakan nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan nama domain untuk blog, diantaranya yaitu buat nama domain yang unik, simple, keren, mudah diucap, mudah dihafal dan menarik. Demikian semoga bermanfaat dan share ke teman teman kalian.

Tags: