LOADING

Type to search

Bagaimana Cara Beli Domain Bagi Pemula?

Share

Bagaimana Cara Beli Domain Bagi Pemula?-Mendengar kata domain, mungkin sudah tidak begitu asing bagi sebagian besar orang. Domain sendiri sudah menyebar banyak di internet. Namun mungkin masih banyak pula orang yang tidak terlalu paham mengenai domain. Secara singkat, domain merupakan alamat sebuah website. Alamat yang dituliskan pada URL bar browser tersebut dengan akhiran .co.id, .com, .id, inilah yang dikenal sebagai nama domain.

Domain merupakan nama yang diberikan dan digunakan untuk mengidentifikasi jaringan tanpa internet protocol (IP). Mengingat biasanya IP menggunakan angka-angka yang sulit untuk dihafal. Dalam dunia internet, bisa diibaratkan jika domain adalah aspek penting dalam website. Fungsinya menjadi alamat yang memudahkan pengunjung dalam mencari informasi yang diinginkan.

Perkembangan domain kini sangat meningkat seiring berjalannya waktu. Awalnya domain digunakan perusahaan komputer asal Massachusetts, Amerika Serikat yaitu Symbolics.com di tahun 1985. Dan hingga kini telah terdaftar hingga ratusan juta domain di seluruh dunia.

Mengenal Arti Domain

beli domain

Bagi anda yang ingin beli domain untuk membuat website, ada baiknya jika anda mengenal lebih dalam terlebih dahulu tentang domain. Domain merupakan alamat yang dapat mengantarkan ke website yang dituju. Pada dasarnya, domain adalah bentuk sederhana alamat IP yang mana menjadi kombinasi angka rumit. Dengan banyaknya website-website yang ada di internet saat ini. menghafalkan kombinasi dari angka-angka tersebut tentunya akan sangat sulit. Fungsi domain adalah sebagai alat yang mengidentifikasi web hosting. Misalnya saja adaapa.com. adaapa merupakan website yang akan dituju sedangkan .com adalah ekstensi domain yang dipilih. Sehingga dengan menggunakan nama domain, anda tak perlu kerepotan untuk mengecek alamat IP website yang akan dituju. Sangat simple bukan?

Cara Beli Domain Baru

Untuk cara beli domain, sebenarnya terbagi atas 2 jenis yaitu membeli domain yang baru atau membeli domain yang sudah digunakan. Jika anda berencana membeli domain yang baru, maka langkah-langkah dibawah ini bisa anda lakukan.

Memeriksa Ketersediaan Saat Beli Domain

Jika anda sudah memiliki nama domain yang diinginkan, maka cari tahulah apakah nama tersebut masih ada atau tidak. Anda perlu memastikan hal ini, sehingga anda bisa menggunakan nama domain yang anda inginkan tersebut. untuk memeriksa ketersediaan nama domain sebenarnya cukup mudah. Anda bisa memilih jasa penyedia jasa untuk web hosing dan domain. Penyedia jasa tersebut mempunyai fitur yang dapat memeriksakan ketersediaan domain. Tinggal menginput nama domain yang diinginkan, maka fitur tersebut dapat memeriksa apakah nama domain tersebut sudah didaftarkan atau belum. Jika nama domain tersebut tidak tersedia, maka lihat apakah ekstensi yang berbeda masih ada ataupun tidak sebagai pengganti dari domain tersebut.

Daftarkan Nama Domain

Setelah nama domain yang ingin didaftarkan masih tersedia, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan beli domain murah. Bagaimana caranya? Dengan mendaftarkan nama domain tersebut. buka domain registar, yaitu organisasi yang mengelola nama-nama domain. Kemudian daftarkan nama domain, setelah itu pilih jangka waktu yang akan digunakan pada nama tersebut. Anda dapat memilih kontrak tahunan ataupun langsung jika ingin jangka panjang.

Biaya pembelian domain nantinya disesuaikan dengan jangka waktu yang akan dipilih serta kualitas nama domain. Semakin tingginya permintaan akan nama domain tertentu, maka tentu saja semakin tinggi pula biaya yang ditetapkan.

Selain itu anda juga dapat membeli nama domain dari website builder secara langsung, seperti Weebly dan Wix. Kedua website builder ini nantinya bisa memberikan nama domain kustom gratis kepada anda selama setahun saat mendaftarkan paket tahunan.

Bagaimana Cara Beli Domain Yang Sudah Pernah Digunakan?

beli domain

Bagaimana jika ingin membeli nama domain yang sudah pernah digunakan? Apakah bisa? Tentu saja bisa. Selama pemilik website tersebut tidak lagi memperpanjang untuk kepemilikan nama domain. Anda bisa memilih membeli domain aktif dan kemudian mentransfer kepemilikan domain tersebut melalui layanan. Seperti domain name Escrow, pada dasarnya ini adalah pihak independen yang akan membantu jual-beli nama domain. Kehadiran website domain name escrow inilah yang akan memungkinkan anda untuk bisa beli nama domain lebih aman langsung dari pemilik domain. Beberapa contoh dari website domain name escrow yang bisa digunakan antara lain seperti Escrow.com, Moniker, Sedo, dan lainnya.

Untuk pembelian nama domain menggunakan Escrow, anda bisa mengikuti langkah-langkah ini. pertama pastikan jika anda menggunakan escrow agar bisa melakukan proses transaksi yang aman dan terpercaya dengan penjual domain. Setelah itu anda bisa melakukan proses transaksi seperti di bawah ini:

Atur Transaksi Dengan Penjual Domain Melalui Escrow

Pertama-tama anda bisa membuat akun escrow di salah satu website escrow yang anda pilih. Pastikan jika kedua belah pihak memahami tentang kelengkapan transaksi, termasuk nama domain serta harga yang sudah disetujui.

Tentukan Cara Pembayaran

Setelah setuju dengan biaya yang harus dibayarkan, maka kini pilih metode pembayaran yang diinginkan. Untuk hal ini bisa didiskusikan bersama dengan penjual nama domain.

Pengiriman Nama Domain

Setelah pihak escrow menerima pembayaran yang anda lakukan, nantinya pihak escrow akan meminta penjual domain mengirim domain kepada anda.

Konfirmasi Penerimaan Dan Kepemilikan Nama Domain

Setelah menerima domain yang dibeli, maka anda harus mengkonfirmasi penerimaan serta kepemilikan domain tersebut.

Pihak Penjual Menerima Uang

Setelah proses konfirmasi kepemilikan telah selesai dilakukan, nantinya pihak escrow akan melakukan verifikasi jika nama domain tersebut sudah berpindah tangan. Barulah setelah itu mereka akan mengirimkan dana kepada pihak penjual namun dipotong dengan dana dana jasa yang sudah dilakukan.

Bagaimana Memilih jasa Hosting Untuk Pembuatan Domain?

beli domain

Karena domain merupakan unsur terpenting, yang mana mengutaman kenyamanan dan keamanan pengguna website. Tentu saja pemilihan jasa hosting yang digunakan haruslha yang terbaik. Apalagi saat ini ada banyak penyedia layanan yang menawarkan berbagai layanan yang berbeda. Sebelum memilih jasa hosting, pastikan anda memperhatikan hal-hal berikut ini.

  • Karena saat ini ada banyak perusahaan yang menawarkan berbagai pelayanan terbaiknya. Maka sebagai konsumen, tentunya anda harus selektif memilih. Rajin-rajinlah mencari informasi mengenai promo paket hosting dari sumber yang bisa dipercaya. Cari perusahaan penyedia yang memiliki reputasi baik. ada baiknya pula jika mencari testimony dari konsumen lainnya.
  • Pilih nama domain serta harga yang sesuai dengan kebutuhan. Penting untuk dipahami jika setiap harga domain berbeda, tergantung dari kegunaan. Karena itulah akan lebih baik untuk mengetahui daftar harga domain yang ditawarkan penyedia layanan.
  • Mencari dengan harga yang terjangkau? Siapa yang tidak menginginkannya. Tak ada salahnya jika anda mencari promo khusus. sehingga anda bisa mendapatkan domain yang diinginkan dengan harga yang pastinya lebih terjangkau.

Bagaimana? Mudah bukan cara beli domain dan hosting? Anda tinggal memilih, jenis domain mana yang anda inginkan. Namun jangan lupa memastikan jika nama domain tersebut memang cocok dengan yang anda butuhkan.

Tags: