Menyimak Fakta Menarik Tentang Domain id

 

Domain merupakan sesuatu yang penting yang diperlukan untuk website setelah hosting. Domain disebut sebagai nama yang unik sebagai identitas website. Pemilihan domain yang bagus akan menentukan nasib website ke depannya. Sebagian besar website akan makin dikenal oleh banyak pengunjung jika memiliki nama domain yang unik. Apalagi jika nama domain sesuai dengan kebutuhan website. Misalnya domain com, domain id, domain net, domain co, domain org, dll. Masing-masing nama tersebut ternyata memiliki pembagian tersendri dari berbagai jenis nama domain.

Domain id Milik Negara Indonesia

Nama domain dibuat dengan maksud untuk menyingkat alamat IP yang rumit menjadi sebuah alamat yang unik. Alamat IP adalah kumpulan dari angka yang merupakan alamat dari situs internet. Salah satu nama domain yang paling popular di Indonesia adalah domain id. Nama domain tersebut merupakan domain utama yang dimiliki khusus oleh suatu negara. Atau biasa disebut sebagai ccTLD (Country Code Top Level Domain).

Maraknya jumlah pengguna internet di Indonesia membuat pemerintah mempromosikan domain .id (dot id). Pemerintah berharap, domain tersebut bisa digunakan oleh berbagai situs yang dimiliki oleh orang Indonesia. Sehingga penggunaan domain Internasional seperti .com sebagai nama domain terbanyak bisa terkalahkan, khususnya di negara Indonesia.

https://www.youthmanual.com/assets/file_uploaded/blog/1503898732-teknologi.png

Domain id biasanya dihubungkan dengan Top Level Domain (TLD). Seperti .ac, .go, .biz, .or, .mil, .net, .web, .sch, dan masih banyak lagi. Penggabungan keduanya menghasilkan jenis domain yang disebut Domain Tingkat Dua (DTD). Dalam Bahasa Inggris disebut sebagai second Top Level Domain (sTLD). Salah satu Pengelola Nama Domain Internet Indonesia disebut PANDI.

Contoh Domain id

Berdasarkan uraian sebelumnya, nama domain id biasanya digabungkan dengan TLD. Penggabungan tersebut menghasilkan beberapa contoh domain Indonesia, sebagai berikut:

  • .ac.id: dipakai untuk kepentingan pendidikan khususnya akademik, yaitu Universitas/Institut/Perguruan Tinggi di Indonesia.
  • .sch.id: dipakai untuk kepentingan sekolah atau pendidikan, mulai dari jenjang PAUD hingga SMA di Indonesia.
  • .go.id: dipakai khusus untuk kepentingan instansi pemerintahan Indonesia.
  • .mil.id: dipakai khusus untuk kepentingan militer atau pertahanan di Indonesia.
  • .co.id: dipakai untuk kepentingan organisasi komersial/profit, yaitu perusahaan/lembaga/instansi milik Indonesia.
  • .or.id: dipakai untuk kepentingan organsiasi formal hingga non formal di Indonesia.
  • .net.id: dipakai untuk kepentingan organisasi/instansi yang bergarak dalam bidang jaringan atau internet di Indonesia.
  • .web.id: dipakai untuk kepentingan pribadi atau kelompok yang berada di Indonesia.

http://blog.idweb.host/wp-content/uploads/2017/06/domainid.jpg

Pendaftaran Domain id

Meskipun sama-sama termasuk jenis TLD. Selama ini, pendaftaran domain .id terkenal lebih rumit daripada domain .com atau .net. Untuk bisa memiliki nama domain .id, calon pemilik harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang cukup ketat. Persyaratan tersebut biasanya meliputi scan KTP, Akta Notaris/SIUP/TDP, NPWP, dan surat kepemilikan merk. Ada salah satu provider yang menawarkan domain id gratis dengan syarat seperti itu, contoh Niagahoster.

Fakta Menarik Domain id

Ada beberapa fakta menarik mengenai domain id ini, di antaranya:

1. Aman dan Nyaman

Domain .id memiliki tingkat kemananan dan kenyamanan yang cukup tinggi. Hal ini karena dalam pembuatannya memerlukan syarat dan ketentuan yang sangat sulit. Sehingga akan menjamin akan menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna/pemiliknya. Selain itu, syarat dan ketentuan yang berlaku, semata-mata juga unuk menjaga ditus internet lebih aman dan nyaman. PANDI mampu menjaga domain .id agar tidak digunakan untuk aktivitas yang melanggar hukum di Indonesia. Misalnya pornografi, perjudian, maupun penipuan.

2. Lebih Cepat

Perlu diketahui, penggunaan domain .id dapat mempercepat akses website Anda. Pasalnya, Domain Name Server (DNS) yang mengatur domain .id terletak di negara Indonesia. Hal ini bisa Anda dapatkan ketika mengakses domain .id dari Indonesia. Di mana kecepatan aksesnya jauh lebih cepat dibandingkan dengan mengakses jenis domain lainnya. Begitu pula saat Anda ingin mengakses domain .id di luar negeri. Karena PANDI telah memasang server DNS domain .id di negara China. Dengan begitu, permasalahan dalam pengaksesan domain .id di luar negeri dapat teratasi. PANDI mengklaim dengan adanya hal itu, domain id dapat diakses lebih cepat di luar negeri. Khususnya hingga negara Amerika Serikat dan Eropa.

3. Ramah SEO

SEO/Yoast SEO merupakan sejenis plugin yang cukup banyak digunakan oleh pengelola website. Jenis plugin ini memiliki fitur tersendiri yang cukup lengkap di dalam website. Apabila sebuah website sudah mengandung SEO, maka dijamin rangking website akan meningkat. Bahkan bisa langsung ditemukan oleh mesin pencarian google di halaman teratas.

Namun, saat menggunakannya, Anda tak perlu khawatir lagi. Sebab website Anda telah berada pada peringkat teratas. Hal ini telah dibuktikan oleh PANDI. Mereka melakukan pengujian adanya pemakaian domain .id terhadap mesin pencarian google. Alhasil sebagian besar menduduki peringkat paling atas. Akan tetapi, untuk mendapatkan peringkat teratas saja pastinya tak cukup dengan penggunaan domain .id. Hal ini harus diimbangi dengan pengelolaan situs website yang baik dan optimasi kata-kata kunci (keywords).

4. Regulasi Penggunaan

Berdasarkan pada Surat Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 23 Tahun 2013. Menjelaskan tentang Pengelolaan Nama Domain bersifat wajib. Hal ini dimuat dalam pasal 39: “instalasi penyelenggara negara dan BUMN wajib menggunakan nama TLD Indonesia atau .id”. Hal ini secara jelas dapat Anda lihat bahwa negara telah mengatur penggunaan domain .id. Sehingga sangat tidak memungkinkan jika domain ini digunakan untuk kasus kejahatan.

Demikian keempat fakta menarik tentang domain id. Di antaranya bersifat aman, nyaman, cepat, ramah SEO, dan memiliki regulasi penggunaan yang jelas. Domain .id ini merupakan nama yang unik untuk mengidentifikasi situs-situs internet yang berasal dari Indonesia. Sebagai orang Indonesia, Anda tentu sering menjumpai nama domain yang berakhiran .id. Untuk bisa memiliki domain tersebut, saat ini telah banyak provider yang menyediakan domain id murah. Tentunya terlebih dahulu Anda harus menanyakan pelayanan dan jaminannya. Yang paling penting adalah sesuaikan dengan kebutuhan website Anda.