Data Center dan Perannya untuk Pengembangan Perusahaan

Pengertian Data Center

Apabila membahas tentang persyaratan infrastruktur IT, data center merupakan prioritas utama. Saat ini dapat dilihat sebagai kunci dari parameter bisnis, dan bukan lagi sebagai fasilitas eksternal. Fungsinya yaitu untuk penyimpanan informasi dan model operasi bisnis.

Data center menjadi poin yang sangat penting bagi fungsi perusahaan bisnis yang besar. Setiap gangguan di operasi  dapat benar-benar menurunkan bisnis jika tidak memiliki strategi cadangan yang efisien. Nah dapat disimpulkan bahwa pusat data berarti sebuah ruangan yang telah di rancang sedemikian rupa untuk menempatkan server komputer.

Dalam kata lain, data center diartikan sebagai ruangan Pusat Data yang menurut arti dari bahasa Indonesia. Ruangan  yang digunakan harus memenuhi syarat tertentu agar aman dan stabil dari gangguan baik secara fisik maupun virtual. Hal ini berfungsi agar data yang ditempatkan pada server dapat selalu mudah dan cepat di akses oleh para pengguna.

Maka dari itu pembangunan data center memerlukan konsultan yang berpengalaman dalam membangunnya. Seperti Google dan Facebook, media yang terhubung intermet ini pasti memiliki pusat data sendiri untuk kegiatan usahanya sehari-hari. Dan data server pada facebook ini tergolong pada skala raksasa dengan luas puluhan ribu meter.

Kriteria Pusat Data

Disamping pengertiannya Anda juga harus mengetahui kriteria data center tersebut. Dengan tujuan pusat data  yaitu mudah di akses, cepat, stabil dan aman dari gangguan. Maka  secara umum juga perlu memiliki beberapa kriteria seperti dibawah ini :

1. Lokasi di wilayah yang aman dari berbagai gangguan

Gangguan yang dimaksud disini dapat diartikan sebagai gangguan dari bencana alam seperti, dari banjir, gempa bumi dan longsor. Bisa juga dengan gangguan kerusuhan seperti demo, tindak anarkis, dan gangguan lainnya. Hal ink memang sangat penting dan berpengaruh untuk memenuhi kriteria data center sebagai tempat yang aman untuk menjaga data perusahaan.

Data Center

Selain itu jika dihubungkan berdasarkan kebutuhan pendinginan  yang cukup besar, maka sudah seharusnya data center di letakan pada lokasi yang strategis. Maksudnya ialah kondisi dimana tenpat yang tidak sulit air sehingga penghematan dapat dilakukan tanpa harus mengorbankan mutu pelayanan. Salah satu contoh dari Indonesia yang memenuhi syarat ini ialah Elitery Data Center di Bogor.

2. Kehandalan data

Data center harus memiliki kehandalan dalam pengaksesan data oleh para penggunanya, seperti pada kecepatan jaringan internet fiber optik. Keahlian dalam mengatur efisiensi jaringan juga sangat mempengaruhi kehandalan data center terutama untuk jasa colocation server yang di tawarkan.

3. Skalabilitas data

Data center biasanya memiliki fleksibilitas dalam memberikan layanan ke pelanggan, seperti kemudahan dalam mengatur skala penggunaan server. Hal ini perlu di dukung struktur design  yang dapat memberikan efisiensi serta pemilihan penggunaan perangkatyang dapat mendukung fleksibilitas untuk skalabilitas secara cepat dan tepat.

Keberadaan Data Center di Indonesia

Di Indonesia telah ada pada beberapa data center seperti pada kota – kota besar yaitu Jakarta yang terpusat di Gedung Cyber. Jika Anda berada di Jawa Barat maka terdapat pada kota Bogor yang di kelolah oleh PT. Elitery. Semakin banyak pula yang tumbuh di berbagai wilayah lainnya seperti pada Cikarang, Bekasi, Medan dan Surabaya.

Mengenai perkembangan kebutuhan pusat data, pihak pemerintahan juga telah mengetahuai dan akan berencana membangunnya melalui perusahaan TELKOM. Namun sayangnya hal itu dilakukan di Singapura. Padahal di Indonesia sangat memungkinkan di bangun pusat data raksasa yang lebih aman dari berbagai gangguan.

Siapa yang Menggunakannya?

Secara umum data center bisa digunakan oleh siapa saja yang memerlukan ruangan penyimpanan data yang didukung koneksi internet berkecepatan tinggi. Saat ini penggunanya di Indonesia baru sebatas pemerintahan dan perusahaan besar seperti asuransi, perbankan dan perusahaan multi nasional. Bagi perusahaan multinasional tentunya data akan lebih cepat di akses jika meletakan aplikasinya  yang berlokasi di Indonesia.

Hal ini biasanya terjadi pada perusahan jaringan gerai makanan seperti pada Mc Donald, perusahaan ini juga memerlukan dalam penggunaannya. Gunanya untuk kebutuhan akses data sehari-hari yang tergolong cukup besar, maka pusat data cukup berarti untuk menunjang aktivitas perusahaan sehari-hari. Bahkan perusahaan dibidang jasa seperti Uber dan Grab pula memerluka kecepatan data untuk mengoperasikan aplikasinya.

Data Center

Pusat data selain bermanfaat untuk peletakan aplikasi, akses data, namun juga bermanfaat untuk lebih berhemat. Bagaimana tidak apabila pada sebuah perusahaan atau organisasi membangun sendiri  meskipun dalam skala kecil maka investasinya cukup besar. Nah dengan cukup besarnya Investasi  tentu permodalan perusahaan dapat lebih optimal selain kinerja lebih efisien.

Berawal dari perannya yang sangat signifikan serta dikaitkannya dengan berbagai isu yang ada saat ini, terutama Disaster Recovery Planning. Maka kajian secara komprehensif dan holistik, menjadi kritikal isu pada  era  ICT (Information and Communication Technology) ini. Isu ini terjadi terutama pada institusi bisnis sebagai user dan juga menguntungkan bagi produsen penyedia infrastruktur dan equipment Data Center.

Pembagian Jenis Data Center

Berdasarkan fungsinya Data Center terbagi menjadi 2 macam yaitu : yang pertama adalah Internet  yang biasanya hanya dioperasikan untuk kebutuhan Internet Service Provider. Yang kedua Corporate yang dimiliki oleh korporasi atau institusi, untuk mengoperasikan proses bisnis, dengan menggabungkan layanan Internet dan Intranet.

Data Center

Servis yang dilakukan oleh Data Center ada 5 yaitu : business continuance infrastructure, dc security infrastructure,  application optimization, infrastruktur IP dan media penyimpanan. Yang pertama ada Business Continuance Infrastructure atau Infrastruktur yang Menjamin Kelangsungan Bisnis. Merupakan aspek yang mendukung kelangsungan bisnis ketika terjadi kondisi kritis yang meliputi kriteria pemilihan lokasi.

Juga kuantifikasi, laying-out ruang  dan  instalasi  data  center,  sistem elektrik,  pengaturan infrastrukturdan sistem pendingin jaringan yang scalable dan fire suppression. Kedua, DC Security Infrastructure (Infrastruktur Keamanan Data Center) yang terdiri  dari  sistem pengamanan fisik dan non fisik.  Fitur sistem pengamanan fisik yang meliputi  akses  user  data  center  berupa  kunci  akses  memasuki  ruangan dan petugas keamanan yang mengawasi.

Fitur DC Security

Penjagaan pada fitur dc security infrastrukture ini terjadi pada data center  baik di  dalam maupun di  luar. Pengamanan fisik ini juga dapat  diterapkan pada seperangkat  infrastruktur  dengan melakukan penguncian dengan kunci gembok tertentu.  Pengamanan non fisik dapat dilakukan terhadap bagian software atau sistem yang berjalan pada perangkat.

Pengamanan dilakukan pada beberapa perangkat lunak keamanan seperti  access control list, firewalls, IDSs dan host IDSs yang disertai manajemen keamanan. Ketiga, Application Optimization (Optimasi Aplikasi) ini akan berkaitan dengan layer  4 atau transport  layer dan layer  5 atau session layer. Ini berguna untuk meningkatkan waktu respon pada suatu server.

Untuk Layer  4 yaitu layer end-to-end yang paling bawah antara aplikasi sumber dan tujuan. Dalam layer ini tersedia end-to-end flow control, end-to-end error detection & correction, dan mungkin juga menyediakan congestion control tambahan. Sedangkan layer 5 menyediakan 11 riteri dialog, token management serta sinkronisasi data yaitu status terakhir sebelum link putus.

Isu yang terkait ialah load balancing, caching, dan terminasi SSL, yang bertujuan untuk mengoptimalkan jalannya suatu aplikasi dalam suatu sistem. Yang keempat ada Infrastruktur IP menjadi servis utama yang disediakan pada layer 2 dan layer 3.

Sedangkan pada layer  3,  isu yang terkait  ialah fast convergence routed Networks seperti dukungan terhadap default gateway. Dan terakhir ada media penyimpanan yang digunakan sebagai pusat seluruh data diakses oleh semua klien yang terhubung. Ini juga didukung dengan kapasitas memori yang besar pula demi terciptanya pelayanan dengan kualitas terbaik.

Aspek yang Diperhatikan Saat Mendesain dan Merencanakan Data Center

Terdapat beberapa aspek yang harus Anda perhatikan ketika merencanakan data center ialah lokasi yang aman serta memenuhi syarat sipil bangunan. Lokasi ini yang perlu dipertimbangkan ialah geologi, vulkanologi dan topografi. Kemudian mempunyai sistem cadangan untuk sistem catu daya, sistem tata udara, sistem pengamanan, sistem monitoring lingkungan dan sistem komunikasi data.

Tak hanya itu saja, namun juga menerapkan tata kelola standar, yang meliputi standar prosedur operasi, standar prosedur perawatan. Juga pada perwatan yang standar dan rencana pemulihan dan risiko bencana, serta standar jaminan kelangsungan bisnis. Untuk perancangannya  harus memperhatikan beberapa aspek diatas demi tercapainya kriteria  yang baik dan efisien tentunya.

Availability merupakan data yang diciptakan agar mampu memberikan operasi yang berkelanjutan dan terus-menerus bagi suatu perusahaan. Hal ini dilakukan dalam berbagai kondisi baik dalam keadaan normal maupun dalam keadaan terjadinya suatu kerusakan yang berarti  atau  tidak.  Data  center  yang dibuat harus  terhindar sebisa  mungkin  dari mendekati  zero failure  untuk  seluruh komponennya.

Kemudian sifatnya juga harus scalability and flexibility, yang harus bisa beradaptasi dengan pertumbuhan kebutuhan secara cepat. Ketika terdapat servis baru yang harus disediakan tanpa melakukan perubahan. Baik perubahan itu nantinya berarti  atau tidak secara keseluruhan.

Terakhir ada security yang berfungsi sebagai wadah menyimpan berbagai  aset  perusahaan yang berharga. Oleh karena itu sistem keamanan dibuat seketat mungkin baik pengamanan secara fisik maupun pengamanan non-fisik. Demi menjaga keamanan dan privasi dari suatu instansi atau perusahaan yang telah menggunkan layanan tersebut ini.

Nah itu dia pengertian dan sedikit penjelasan mengenai data center. Untuk Anda yang berminat memasang layanan ini, Anda dapat mempelajarinya terlebih dahulu. Menyenangkan bukan mengetahui segala fiturnya sebelum mengetahui dan membeli produknya.