Cloud Hosting: Definisi Serta Informasi Terkait Tentangnya

Pengertian Cloud Hosting

Cloud Hosting merupakan salah satu frasa yang mungkin asing di telinga. Terkadang orang-orang yang lama berkecimpung di dunia website pun  belum dapat mendefinisikan kata tersebut. Kata cloud sendiri bila diterjemahkan secara harfiah berarti awan akan tetapi definisi sebenarnya bukanlah itu.

Cloud Hosting merupakan suatu teknologi yang dapat terhubung dengan banyaknya server. Fungsinya agar performa internet tetap terjaga.

Teknologi ini memakai konsep komputasi awan atau “divide and rule”. Artinya yaitu sumber daya yang dibutuhkan tetap online dan tersebar ke berbagai server tergantung kebutuhan. Web hosting jenis ini merupakan versi terbaru. Bisa dibilang cukup langka karena masih jarang ditemukan pada penyedia jasa layanan hosting.

Cara kerja server ini yaitu dengan sistem saling melengkapi.  Artinya apabila salah satu server rusak atau mengalami error maka server lain bisa menggantikannya. Dengan menggunakan fitur seperti itu maka harga server ini memiliki tarif yang jauh lebih mahal.

Sistem dan Teknologinya di Indonesia

Cloud Hosting

Cloud Hosting Indonesia merupakan salah satu provider yang ada di Negara Indonesia. Layanan yang ditawarkan pun sangat beragam seperti reseller domain dan pendaftaran domain. Walaupun teknologinya di indonesia sempat menjadi salah satu yang terburuk. Cloud Indonesia terus berbenah untuk melakukan pelayanan terbaik karena Indonesia disinyalir sebagai pasar besar. Teknologi semakin berkembang ke arah yang lebih baik. Ditandai dengan banyak perusahaan-perusahaan startup yang mulai ada dan berkembang di Indonesia.

Seiring dengan meleknya angka masyarakat yang sudah mengenal teknologi. Apalagi  transaksi-transaksi yang mereka lakukan di toko online yang kian menjamur. Sistem teknologi hosting sendiri di Indonesia menawarkan infrastruktur dengan network. Keamanan terbaru dan kapasitas storage terbaik yang membuat website berkemampuan lima kali  lebih cepat dan stabil.

Hal tersebut semakin mengukuhkan server IIX berada di Indonesia. Hal itu menyebabkan website yang anda gunakan mempunyai load speed yang sangat cepat. Terutaman apabila diakses oleh pengunjung yang ada di wilayah Indonesia.

Selain itu penawaran lainnya yang menarik yaitu berkaitan dengan harga. Harga yang ditawarkan semakin terjangkau dengan kapasitas resource cloud yang membuat sistem lebih efisien. Hal tersebut yang membuat harga menjadi terjangkau tanpa menurunkan kualitas.

Anda dapat menggunakan fasilitas ini dengan muda. Maksudnya adalah member area yang sudah interaktif dengan fitur panduan yang diberikan kepada pelanggan lengkap. Poin tersebut mempermudah anda dalam mengelola website.

Keunggulan Cloud Hosting

Sebenarnya banyak keunggulan-keunggulan yang terdapat pada cloud hosting Indonesia dari satu provider yang bernama jagoan hosting, yaitu:

1. Network tier-1 upstream

Konektifitas mencapai 10 Gbps untuk pengalaman akses terhadap website lebih cepat.

2. Fast SSD NVMe Storage

Poin ini memiliki kecepatan dalam membaca dan menulis data mencapai 360.000 IOPS.

3.  Multiple XEON Processor

Prosesor yang digunakan yaitu dual prosesor dari intel xeon memiliki kode seri dari Ivy Bridge dan Haswell @2.40GHz yang membuat pemrosesan data dua kali lebih cepat.

4. Content dynamic Accelerator

Memiliki kemampuan mengkompress data di website anda sampai 80%. Dengan begitu user dapat mengakses website lebih cepat.

Bagaimana Mendapatkan Sistem dan Teknologi Termurah?

Banyak situs-situs web hosting yang melakukan berbagai penawaran untuk memberikan harga murah untuk web hosting jenis cloud.

Beberapa provider Indonesia yang menawarkan cloud hosting murah yaitu: perusahaan Jagoanhosting, Dewa web, Niagahoster, Cloudmatika, Domainesia. Anda dapat mengakses web-web provider tersebut untuk menikmati berbagai penawaran pembuatan dengan harga terjangkau.

Kelebihan Cloud Hosting Indonesia

 

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan saat anda menggunakan Cloud Hosting. Berikut ini penjelasan mengenai kelebihannya, yaitu:

  1. Efisiensi Biaya berkaitan dengan biaya operasional yang dikeluarkan oleh perusahaan dapat diminimalisasi dengan penggunaan aplikasi Cloud Hosting.
  2. Kinerja server stabil karena proses monitoring mudah dilakukan dengan terhubungnya beberapa server yang terhubung secara langsung oleh website.
  3. Resource yang tidak terbatas (Unlimited Bandwidth). Artinya jika ada website yang memiliki trafik sangat tinggi performa website bisa selalu stabil. Ditambah lagi website bisa Up untuk resource yang unlimited.
  4. Performa cepat.
  5. Menjamin keamanan data dari kemungkinan tindakan oknum peretas yang membuat kebocoran data.
  6. Ramah Lingkungan maksudnya karena teknologi ini tidak membutuhkan banyak hardware. Meminimalisir penggunaan listrik.
  7. Aspek sosial maksudnya cloud hosting ini memiliki cakupan yang lebih luas. Sehingga proses komunikasi terjadi secara global. Dengan berpedoman pada semboyan “negara tak berbatas menjadi satu lingkup yang sempit”. Orang yang berada di berbeda negara pun dapat menjalin komunikasi satu sama lain yang cakupannya lebih global.
  8. Aspek politik yaitu layanan pemerintah dapat dengan mudah diakses pada website lembaga masing-masing. Terutama lembaga-lembaga yang fokus pada pelayanan publik seperti pembuatan KTP dan paspor. Hal tersebut membuat masyarakat terlayani dengan baik dan urusan pemerintahan jauh lebih efisien. Aspek ekonomi maksudnya memudahkan proses transaksi bisnis.

Kekurangan Cloud Hosting Indonesia

Cloud Hosting

Selain kelebihan ada juga beberapa kekurangan yang ada dalam Cloud Hosting ini, yaitu:

  1. Pelayanan yang terbatas ini berhubungan dengan ketidaksesuaian yang diberikan provider kepada customer. Terkadang provider sering mengadakan promo di awal untuk menarik customer dengan pilihan layanan yang begitu banyak. Dalam beberapa kasus pelayanan yang diberikan karena promo tidak sebaik ketika membeli paket reguler yang biaya nya juga lebih mahal. Hal ini tidak bisa dipukul rata karena ini berhubungan dengan kebijakan masing-masing provider.
  2. Penyesuaian berkaitan dengan regulasi dari bisnis anda dalam hal keamanan penyimpanan data.
  3. Masalah Privasi yaitu dimana semua data tersimpan ke dalam server. Server sendiri merupakan layanan yang berasal dari provider. Hal tersebut yang membuat privasi anda sedikit tidak aman karena server bukan milik anda.
  4. Internet merupakan basis utama untuk itu semua layanan yang ada tidak bisa diakses jika tidak terhubung dengan internet. Internet merupakan poin terpenting pelayanan cloud hosting.
  5. Jika terdapat permasalahan yang terjadi ketika data terkena virus atau terhapus maka data yang hilang tidak bisa dipulihkan.
  6. Walaupun sering ditemukan panduan secara online namun masih jarang pelatihan dan audit IT. Tim ahli masih ada yang belum menguasai sehingga terkesan gagap teknologi.
  7. Data yang dimiliki pelanggan satu dengan pelanggan lainnya sangatlah rapat. Hal tersebut sangat memungkinkan proses tertukarnya data bisa terjadi. Proses ini dapat menghambat kerja sistem dan merugikan pelanggan satu dengan pelanggan lainnya.
  8. Kemampuan dalam hal keamanan agaknya masih sangat diragukan.
  9. Kepatuhan terhadap provider juga masih meragukan.

Dengan beberapa penjelasan mengenai poin-poin penting yang ada pada Cloud Hosting. Penulis berharap anda tidak ragu dan semakin memperkaya pengetahuan anda mengenai jenis-jenis web hosting yang ada di Indonesia. Sudah banyak yang menawarkan pelayanan prima dengan harga yang sangat terjangkau. Selamat mencoba.