19 Tips yang Harus Anda Ketahui Sebelum Sewa Hosting

Hal Yang Perlu Kita Tau Sebelum Sewa Hosting

Hosting merupakan fitur layanan yang paling utama dalam menentukan kesuksesan website Anda. Pasalnya, di dalam hosting masih mengandung fitur-fitur lain yang sangat fundamental untuk mengelola website Anda dengan baik. Ditambah lagi, saat ini sudah banyak penyedia layanan web hosting di internet yang menawarkan jasanya. Sebagian besar dari mereka mengklaim merupakan penyedia layanan hosting terbaik. Mengetahui hal tersebut, kami akan memberikan penjelasan kepada Anda terkait tips sebelum Anda sewa hosting. Beberapa tips tersebut di antaranya:

1. Disk Space

Sewa hosting identik dengan fitur disk space. Disk space berfungsi untuk menyimpan data-data website Anda. seperti gambar, video, konten, dan lain-lain. Kemudian semua data itu dikelola oleh hosting agar tetap aman. Selain itu, apabila data yang tersimpan melebihi batas maksimumnya. Maka data website menjadi tidak bisa tersimpan dengan baik dan website menjadi tidak bisa diakses (down). Kemudian jangan pernah percaya dengan penawaran disk space unlimited. Sebab penyedia layanan pasti akan menambah disk spacenya jika sudah penuh. Karena fitur tersebut bekerja selama 24 jam penuh.

2. Bandwidth

Bandwidth berhubungan dengan jumlah data yang didownload oleh pengelola/pemilik dan pengunjung website. Semakin besar kapasitas bandwidth, maka jumlah data yang didownload semakin besar. Pada penyedia layanan web hosting, sebenarnya tidak ada istilah bandwidth unlimited. Sebenarnya yang tepat adalah unmetered. Bandwidth unmetered merupakan sifat bandwidth yang tidak dapat dibatasi oleh pihak penyedia layanan hosting. Jadi, seberapa besar traffic website Anda, pihak penyedia layanan hosting tidak memperdulikan hal tersebut.

3. Add On Domain

Add on domain adalah fitur yang menggunakan lebih dari 1 domain dalam 1 hosting. Namun risikonya sangat besar. Apabila salah satu website terkena malware dan load tinggi, maka website akan terkena imbasnya.

4. Softaculous Support

Softaculous support merupakan fitur yang berguna untuk memudahkan Anda dalam menginstall CMS tanpa konfigurasi database. Contohnya WordPress, Joomla, Drupal, dan lain-lain.

5. Gratis Domain

Gratis domain biasanya sudah sepaket dengan sewa hosting murah. Gratis domain juga bisa didapatkan pada pelanggan yang menyewa hosting milik provider. Karena harganya akan lebih mahal jika pelanggan harus menyewa hosting dan domain dalam waktu yang sama. Hal ini sangat recommended bagi blogger pemula.

6. Jumlah Akun Email

Jumlah akun email akan semakin meningkat seiring dengan semakin berkembang suatu website. Hal ini tentu meningkatkan reputasi dan kepercayaan dari pengunjung. Misalnya, suatu website memiliki email lebih dari satu. Contohnya adalah admin@sosialmedia.com dan contact@sosialmedia.com. Oleh karenanya, Anda harus memilih penyedia hosting yang dapat menyediakan email sesuai dengan nama domain.

7. Jumlah Subdomain

Terdapat penyedia web hosting yang menyediakan fitur untuk menambah jumlah domain. Contoh subdomain adalah blog.sosialmedia.com, contact.sosialmedia.com. Subdomain ini berfungsi untuk mempermudah Anda jika suatu saat pembahasan website berbeda dengan topik utamanya.

8. Gratis SSL

SSL sangat penting untuk pengelolaan website. Web yang menggunakan SSL memiliki ciri-ciri diawali dengan HTTPS, bukan HTTP. Keuntungan menggunakan SSL adalah:

  • SEO dan peringkat website maksimal.
  • Lebih banyak pengunjung membeli jasa/barang yang Anda tawarkan.
  • Data-data pengunjung dan website tidak mudah dihack.
  • Pendapatan semakin meningkat.
  • Vitalitas data-data semakin terjaga.

9. Layanan Servis 24/7

Pilihlah penyedia web hosting yang menyediakan layanan servis 24 jam/7 hari nonstop. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam mengatasi masalah yang menimpa website Anda.

10. CPanel

CPanel merupakan jenis control panel hosting terbaru yang mudah digunakan. CPanel ini berfungsi untuk mengelola dan menyimpan data-data di dalam website Anda. Sehingga Anda akan lebih mudah dalam mengatur website.

11. Harga

Harga sewa hosting sangat bervariasi. Normalnya, harga hosting ditawarkan sekitar Rp 30.000 ke atas dalam satu bulan. Harga tersebut untuk disk space sekitar 1 GB. Oleh karena itu, Anda harus curiga dengan penawaran sewa hosting yang murah. Namun fitur yang ditawarkan cukup tinggi. Yang terpenting adalah sesuaikan sewa hosting dengan kebutuhan website Anda.

12. Testimoni

Testimoni dari para pelanggan sangat penting untuk diperhatikan. Biasanya calon konsumen akan mengulik lebih dahulu bagaimana testimoni tentang suatu produk/jasa yang ditawarkan. Karena mereka lebih percaya dengan pendapat sesama clientnya daripada penyedia layanan.

13. Garansi

Garansi sebagai bukti bahwa produk/jasa dijamin terbaik. Jika tidak, maka pihak penyedia layanan akan mengganti hosting yang sudah dibeli jika terjadi gangguan. Gangguan ini terkadang dijumpai saat Anda tengah mengelola sebuah website. Rasa cemas pun akan sedikit berkurang bila ada garansi dari penyedia layanan hosting.

14. Uptime Server

Uptime server merupakan kecepatan server dalam menanggapi pengunjung website Anda. Semakin besar angka uptime server, semakin baik kinerja hostingnya. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih hosting dengan uptime lebih dari 99%. Hal ini untuk menjaga kuantitas pengunjung Anda dan meningkatkan peringkat web.

https://www.milesweb.com/blog/wp-content/uploads/2017/08/Hosting-a-Website-in-India-or-Abroad.png

15. Lokasi Server

Pilihlah lokasi server yang dekat dengan tempat Anda mengakses hosting. Hal ini akan mempercepat proses akses, sehingga jumlah pengunjung pun akan semakin meningkat. Karena mereka bisa menikmati kemudahan lebih dekat dalam layanan yang diberikan oleh penyedia hosting tersebut.

https://www.techdonut.co.uk/sites/default/files/types-of-web-hosting-450424690.jpg

16. Upgradable dan Downgradable

Upgradable berfungsi untuk menaikkan spesifikasi hosting. Sedangkan downgradable berfungsi untuk menurunkan spesifikasi hosting. Hal ini sangat penting agar web bisa selalu diakses oleh pengunjung, tanpa mengalami down.

17. Jumlah Pelanggan

Jumlah pelanggan pada layanna hosting akan mempengaruhi seseorang dalam membeli produknya. Namun perlu diingan bahwa jumlah pelanggan bergantung pada kualitas hosting. Jika jumlah pelanggan meningkat, maka kualitasnya pun pasti sudah meningkat sebelumnya. Hal inilah yang emmbuat orang-orang percaya untuk sewa hosting di provider yang sama.

18. Layanan Backup dan Restore

Layanan backup dan restore adalah sebuah layanan yang bisa melindungi website dari serangan hacker. Sehingga data-data yang Anda miliki akan selalu terjaga.

19. Jenis Domain

Sesuaikan jenis domain Anda berdasarkan bisnis yang Anda kembangkan. Misalnya .com untuk website komersial/perusahaan, .org untuk website organisasi, dan masih banyak lagi lainnya.

Dari 19 tips yang harus Anda ketahui sebelum sewa hosting tersebut, ada penyedia hosting yang telah memenuhi kriteria tersebut. Misalnya provider hosting di Indonesia. Sebagian besar dari mereka menawarkan sewa hosting Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau. Seperti Niagahoster, Dewaweb, RumahWeb, Jagoan Hosting, dan DomaiNesia.